Search and Hit Enter

Bulan Menulis Asuransi 2022: Dari Metaverse hingga Drama Korea

Bulan Menulis Asuransi (BMA) dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan menggembirakan. Dari segi kuantitas jelas meningkat. Dari segi kualitas, konten tulisan lebih variatif.

Awal diselenggarakan BMA, Kupasi harus ‘mengetuk pintu’, meminta kesediaan penulis dari para eksekutif senior asuransi untuk menyumbangkan tulisan. Tentu, termasuk para pendiri Kupasi. Tapi BMA kali ini – yang secara resmi juga sudah menjadi agenda tahunan Hari Asuransi, sudah didominir penulis dari kalangan milenial, bahkan generasi Z.

Tren tulisannya pun berubah. Jika penulis asuransi dari eksekutif senior cenderung lebih ‘tertib’ dan formal dalam berbahasa, generasi di bawahnya ini lebih cair. Penulis senior mengangkat tema-tema makro, kadang disertai bahasa teknis asuransi yang kadang hanya dipahami oleh pelaku asuransi sendiri. Tapi penulis milenial mengusung tema lebih variatif, lebih ‘membumi’, dan dekat dengan keseharian mereka. Isu-isu tentang perkembangan teknologi informasi (cukup banyak tulisan yang menyentuh tema teknologi) – seperti metaverse, insurtech, dan/atau tentang judul sinema Korea yang dikaitkan dengan asuransi misanya, adalah isu yang khas milenial.

Dari aspek keterampilan menulis, seperti struktur tulisan, penyusunan kalimat, memang masih banyak yang membutuhkan perbaikan. Tapi tidak sedikit tulisan yang unggul dalam hal meramu lead atau paragraf pembuka. Meski tidak selalu berhasil menutup tulisan dengan daya tarik yang sama.

Kupasi optimis, melalui BMA, makin banyak penulis asuransi yang bermunculan. Dan tentu, kita bisa menaruh harapan kepada mereka untuk membantu edukasi dan sosialisasi asuransi.

Selamat kepada pemenang, dan terima kasih kepada seluruh partisipan BMA 2022. Terima kasih panitia Hari Asuransi 2022, juga untuk official DAI (Dewan Asuransi Indonesia) dan seluruh organisasi di bawahnya. Terima kasih kepada Kupasian (pendiri, pengurus, dan anggota), dan terima kasih secara khusus kepada pak Irvan Rahardjo yang dulu menggagas program Bulan Menulis.

Mohon maaf untuk segenap kekurangan pada penyelenggaraan BMA tahun ini.

Salam kreatif,
Ana Mustamin
Ketua Umum KUPASI

Ketua Umum KUPASI. Saat ini CEO Maraja Communications, CEO Insurance TV dan Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah Sastra & Gaya Hidup MAJAS. Pernah menjabat Direktur SDM dan Umum Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912, Direktur Eksekutif DPLK Bumiputera, CEO Dharma Bumiputera Foundation yang mengelola STIE Dharma Bumiputera dan Bumiputera Training Center; Kepala Departemen Komunikasi Korporat AJB Bumiputera 1912, dan dosen pada Universitas Prof Dr. Moestopo (Beragama) dan Universitas Paramadina, Jakarta  Selain aktif mengajar di berbagai perguruan tinggi, ia juga dikenal sebagai pembicara publik di bidang Komunikasi.

No Comments

Leave a Reply

Scroll Up